Sensor Ultrasonik

Sensor Ultrasonik

Sensor Ultrasonik

Sensor ultrasonik adalah salah satu piranti elektronika yang dapat mengukur jarak didepannya dengan menggunakan sifat dari gelombang suara yang dipantulkan.

Sensor (jarak) ultrasonik menggunakan media suara untuk melakukan pengukuran jarak.

Sensor ultrasonik terdiri dari 2 bagian, yaitu bagian pemancar dan bagian penerima, bagian pemancar ultrasonik akan memancarkan gelombang ultrasonik pada frekwensi  lebih dari 20kHz, biasanya menggunakan frekwensi 40kHz. Kemudian sinyal tersebut akan dipantulkan kembali setelah mencapai suatu benda di depannya. Sinyal tersebut akan di terima kembali oleh bagian penerima sinyal.

Jarak antara sensor dengan bidang pantul nya dapat diketahui dengan menggunakan rumus :

S = V.t/2

Dimana S adalah jarak sensor dengan bidang pantul, V adalah kecepatan suara (340m/s), dan t adalah selisih waktu antara pemancaran sinyal sampai diterima kembali oleh penerima ultrasonik.

Sensor ultrasonik tersebut di hubungkan ke mikrokontroler untuk melakukan penghitungan waktu beserta jarak pantulnya.

[YM:mikro_kontroler]

4 thoughts on “Sensor Ultrasonik

  • kaya nya tegangan nya sama lagh guhh,hanya 5 volt,cuma kemampuan jarak sensor nya yg udah di tetapkan,mis dengan teg pada sensor itu sebesar 5 v,maka hanya mampu menangkap sinyal dari depan nya S = V.t/2

    • Iya betul, jadi yang mempengaruhi besar jarak antara pemancar – penerima Ultrasonik adalah selisih waktunya (t), sesuai rumus S = V.t/2
      dengan S adalah jarak antara pemancar – penerima Ultrasonik dengan bidang pantulnya, V adalah kecepatan rambat suara (340 m/s), dan t adalah waktu tempuh (s)

  • ada beberapa pertanyaan ni mas yang saya belum paham dengan sensor ultrasonik
    1. apa tegangan yang keluar dari sensor yang di umpankan ke mikrokontroller sebanding dengan jarak benda yang di deteksi sensor tersebut?
    2. jika benar apakah tegangannya itu sama prinsipnya dengan tegangan variable pada saat kita memutar potensio?

    trimakasih.. …

    • Pemancar Ultrasonik akan memancarkan sinyal dengan frekuensi sekitar 44kHz, sinyal tersebut kemudian akan diterima oleh penerima Ultrasonik.
      Selisih waktu antara pemancaran dan penerimaan sinyal sebanding dengan jarak bidang pantul terhadap pemancar – penerima Ultrasonik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *