Mikrokontroler, Mikroprosesor, dan Mikrokomputer

Mungkin sering kita mendengar istilah mikrokontroler, mikroprosesor, dan mikrokomputer, akan tetapi mungkin masih ada yang masih belum mengerti perbedaan dari ketiganya.

Sebuah system komputer paling tidak harus mempunyai sebuah prosesor (CPU-Central Processing Unit / ALU-Arithmatic and Logical Unit), Memory, dan antarmuka input-outpu seperti gambar dibawah ini:

Blok Diagram Sistem Komputer

Blok Diagram Sistem Komputer

Dari gambar diatas terlihat untuk membuat suatu sistem komputer yang utuh, minimal dibutuhkan 3 bagian, yaitu prosesor(CPU), Memory (RAM dan ROM), serta antarmuka masukan dan keluaran.

1. Mikroprosesor

Mikroprosesor adalah satu bagian dari sistem komputer, mikroprosesor tersebut tidak dapat berdiri sendiri, dan memerlukan memory dan periperal input – output. Salah satu contoh mikroprosesor adalah seperti (micro)prosesor intel 8086, 80256, 80386, 486, pentium1, dll. Mikroprosesor tersebut memerlukan komponen lainnya untuk membentuk suatu sistem mikrokomputer.

2. Mikrokomputer

Mikrokomputer adalah sistem komputer dimana ke tiga bagian utama dari sistem di rangkai dari bagian yang terpisah (tidak dalam satu chip/IC).

3. Mikrokontroler

Block Diagram Mikrokontroler (AT89S51)

Block Diagram Mikrokontroler (AT89S51)

Gambar diatas adalah blok diagram dari mikrokontroler AT89S51, dari gambar diatas terlihat bahwa ketiga bagian utama dari sistem mikrokomputer sudah tercakup semuanya dalam satu chip AT89S51, seperti prosesor (ALU), Memory (RAM dan Flash), serta 4 port input-output.

[YM : mikro_kontroler]

30 thoughts on “Mikrokontroler, Mikroprosesor, dan Mikrokomputer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *